Kamis, 25 Oktober 2012

makna hari pahlawan dari berbagai sumber

ini referensi saya dari berbagi sumber, untuk temen-temen yang nyari materi tentang hari pahlawan, terima kasih untuk semua pihak yang membantu mengumpulkan referensi ini.. terima kasih :) Tuhan Memberkati


Arti hari pahlawan menurut kelompok kami adalah sebagai peringatan hari ceremonial yang berfungsi untuk merenungkan peristiwa-peristiwa yang memiliki dampak besar terhadap perubahan yang ada di negeri ini. Sehingga kita sebagai anak bangsa tidak lupa dengan apa yang dilakukan oleh pendahulu-pendahulu kita dan menjadi bahan pelajaran bagi kita di masa kekinian. Karena memalui peringatan secara bersama-sama, semangat dan rasa memiliki latar belakang sejarah perjuangan yang sama makin kuat
Apakah hari pahlawan masih diperlukan: menurut kelompok kami masih diperlukan
Alasan? : melalui diperingatinya hari pahlawan secra bersama-sama, maka rasa memiliki nilai-nilai kepahlawanan itu dan semangat kebangsaan yang dimiliki oleh penduduk negara ini akan lebih terasa daripada memperingati hari pahlawan secara individual


1. Hari Pahlawan menurut kelompok kami adalah hari dimana kita memperingati bangkitnya semangat para pahlawan. Dimana ketika Bung Tomo menggelorakan semangat para pejuang yang berjuang demi membela negara Indonesia dengan pidatonya yang terkenal are – are Suroboyo serta semboyannya yang terkenal “rawe-rawe rantas malang-malang puntung”, dimana ketika para pahlawan mendengarkan pidato tersebut para pahlawan yang membela negara Indonesia ini bangkit kembali. Dengan penuh perjuangan dan semangat yang dikobarkan oleh Bung tomo inilah maka tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan.
2. Hari pahlawan masih perlu.
3. Alasan kelompok kami menganggap hari pahlawan itu masih perlu, karena hari pahlawan yang diperingati setiap 10 November memiliki makna historis, dimana seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia harus memiliki rasa juang dan rasa nasionalisme . Mungkin pada zaman Bung Tomo para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan melawan Belanda. Tapi makna untuk kita hari ini bukanlah untuk melawan para penjajah tapi untuk mengenang jasa – jasa yang telah diberikan untuk negara Indonesia ini. Di mana bila mengingat Indonesia dewasa ini rasa Nasionalisme dan rasa Patriotisme sudah berkurang. Justru dengan adanya hari pahlawan ini rakyat Indonesia yang sekarang sudah merdeka. Dengan mengingat kejadian 10 November rasa bangkitnya Nasionalisme dan Patriotisme yang sekarang ini sudah berkurang dapat kembali bangkit dan hari pahlawan ini bertujuan agar kita dapat mencintai negara Indonesia meskipun kita bukan pahlawan. Bila hari pahlawan ini dihapuskan kelompok kami yakin negara Indonesia ini tinggal menunggu bunyi lonceng kehancurannya. Jika hari Pahlawan dihapuskan semakin sulit bangsa Indonesia mengenal masa lalu bangsanya, mengenang jasa pahlawannya, menghargai tanah airnya. Karena siapa bangsa atau negara yang tidak menghargai sejarahnya dan pahlawannya itu tinggal menunggu keruntuhan negara tersebut. Maka kita sebagai warganegara Indonesia, apalagi kita sebagai mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah harus dapat menghargai jasa – jasa para pahlawan kita. Dengan kita menghargai jasa – jasa pahlawan kita, perjuangan pahlawan kita, kita dapat menjiwai rasa Nasionalisme dan Patriotisme.

1. Makna hari pahlawan menurut pribadi
Dari segi terminology makna merupakan arti atau maksud untuk sesuatu hal. Sehingga makna hari pahlawan merupakan arti atau maksud untuk memperingati hari pahlawan. Hanya saja, dalam hal ini makna tersebut tidak hanya mengartikan sesuatu (mengartikan sebuah hari pahlawan) tetapi harus mempunyai maksud tertentu. Maksud tersebut ialah bahwa hari pahlawan tidak hanya memperingati dan mengingat jasa para pahlawan pada tanggal 10 november saja. Melainkan harus memaknainya dengan pengamalan hati untuk bersikap sesuai dengan jiwa kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan tanggal 10 November yang diperingati sebagai hari pahlawan hanyalah sebagai sebuah symbol untuk mengingatkan akan jasa-jasa pahlawan. Dalam hal ini, kami setuju akan adanya peringatan hari pahlawan (10 November) karena berfungsi sebagai pengingat untuk generasi yang akan dating tetapi pengamalannya tidak hanya pada tanggal 10 November tersebut sehingga makna hari pahlawan itu dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari (kapanpun dan dimanapun).
2. Masih perlukah hari pahlawan
Perlu
3. Alasan
Karena pahlawan merupakan sosok yang berjasa yang harus dikenang dalam setiap generasi. Tetapi tidak hanya untuk dikenang melainkan untuk diteladani meskipun dengan cara yang berbeda. Jika dahulu para pahlawan kita berjuang secara fisik untuk Negara kita, sedangkan generasi penerusnya cukup dengan memperjuangkan hidupnya ke arah yang positif atau lebih baik agar berguna bagi bangsa dan Negara. Dengan memberikan kontribusi yang baik bagi bangsa dan Negara itupun telah termasuk dalam sikap kepahlawanan masa kini contohnya sebagai mahasiswa, kita harus dapat menjadi mahasiswa yang berprestasi. Pada intinya, perlunya diperingati hari pahlawan tersebut untuk mengingatkan kita akan para pahlawan pada generasi yang terus berkembang.

 Setiap tanggal 10 november Bangsa kita memperingati Hari Pahlawan, karena pada tanggal 10 november 61 tahun silam terjadi pertempuran hebat yang terjadi di Surabaya melawan tentara sekutu Inggris dengan persenjataan seadanya dari pihak Indonesia dan tokoh yang mampu membangkitkan semangat rakyat pada saat itu melalui siaran radionya adalah Bung Tomo. Makna hari pahlawan saat ini menurut kami adalah sebagai bentuk rasa cinta tanah air untuk meneladani semangat para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan. Walaupun saat ini kita tidak perlu mengorbankan nyawa seperti halnya pahlawan di jamannya, tetapi kita bisa menjadi pahlawan di bidang yang kita tekuni sendiri dan mencontoh keteladanan para pahlawan.
2. Pada saat ini makna hari pahlawan memang sudah menurun dan hanya dalam bentuk ceremonial saja, tetapi pada dasarnya kita masih perlu memperingati hari pahlawan setiap tahun dan memaknainya dengan penuh rasa cinta tanah air, karena kita pun di masa sekarang perlu menjadi pahlawan untuk bangsa Indonesia walaupun tidak dengan cara mengorbankan nyawa tetapi melakukan usaha terbaik untuk bidang yang kita tekuni.
3. Alasan yang menjadi dasar masih perlunya kita memaknai hari pahlawan adalah teladan dari kepahlawanan itu sendiri yang dirasa perlu bagi generasi muda saat ini yang makin berkurang kecintaannya terhadap nasionalisme dan semakin melupakan jasa para pahlawan. Dengan cara perjuangan yang berbeda, kita pun mampu untuk menjadi pahlawan di jaman kita saat ini, bukankah pahlawan itu seseorang yang total dalam menjalani tugasnya, mempunyai keberanian dan kecintaan yang tinggi terhadap tugasnya dan rela berkorban untuk kepentingan orang banyak.

menurut kami, secara umum hari pahlawan adalah hari yang diperingati untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan Republik Indonesia yang berjasa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan rakyat Indonesia terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Secara khusus hari pahlawan diperingati pada tanggal 10 November, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kita, kepada Bung Tomo dan arek-arek Surabaya yang dengan gagah berani melakukan perlawanan terhadap sekutu. Kejadian – kejadian pada saat itu banyak menggugah dan membakar semangat para pejuang ditiap daerah di Indonesia, untuk mengikuti jejak semangat dari Bung Tomo dan arek-arek Surabaya dalam usaha mengusir penjajah di Republik Indonesia. Pengaruh yang besar ini, menjadikan 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan
2. Menurut kami, hari pahlawan masih perlu di peringati
3. Sebagai mana sering kita dengar, dimana bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, maka atas dasar tersebut, kita masih harus memperingati hari pahlawan, sebagai suatu hari penuh nilai. Dimana kita dapat mengambil pelajaran berharga dari kejadian 10 November ini, yakni nilai nilai heroik yang dilakukan para pejuang lokal Surabaya dalam mempertahankan eksistensi Indonesia sebagai negara berdaulat yang baru merdeka. Karena pada dasarnya jasa para pahlawan memang tidak lekang oleh waktu dan harus tetap diperingati sebagai apresiasi kita terhadap pengorbanan dan jasa-jasa mereka. Karena tanpa pengorbanan dan jasa-jasa mereka, Indonesia mungkin tidak akan memperoleh kemerdekaan, atau bahkan yang lebih parahnya masih dalam cengkraman imperial dan kolonialisme barat. Maka atas hal tersebut, makna dari nilai nilai yang dapat kiat ambil adalah bagaimana kita memaknai perjuangan para pahlawan diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari dalam mengisi kemerdekaan.

Tanggal 10 November biasa diperingati sebagai hari pahlawan, dimana ketika 66 tahun yang lalu terjadi pertempuran antara pejuang Indonesia dengan tentara Belanda. Peristiwa 10 November ini merupakan pukulan telak bagi Indonesia karena pada saat itu Indonesia sudah merdeka namun ada pihak yang ingin merongrong kemerdekaan Indonesia sedangkan dari kondisi Indonesia sendiri belum siap. Belanda memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Tentara Indonesia. Meskipun bangsa Indonesia yang berada jauh dibawah, pejuang Indonesia masih memiliki semangat juang yang besar demi mempertahankan cita-cita kemerdekaan. Begitu banyak perjuangan dari para pahlawan kita baik secara moril dan materil untuk memperjuangkan haknya sebagai bangsa yang berdaulat dan kemerdekaan yang penuh.
Di masa sekarang masih perlukah kita memperingati hari pahlawan? Tentu saja perlu, kita perlu mengenang jasa-jasa para pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentu kesadaran sejarah itu sangat diperlukan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa salah satunya adalah memperingati hari-hari bersejarah. Namun disisi lain, sebaiknya kita tidak hanya mengenang tetapi menerapkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan untuk meneruskan perjuangan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Hari pahlawan adalah adalah hari untuk memperingati dan memaknai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang mendirikan dan mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia.
2. Tidak perlu,
3. karena bangsa Indonesia sudah tidak makna dari hari pahlawan, hanya sebagai simbolnya. Realita di kita hari pahlawan itu hanya sebagai hari peringatan saja, tetapi tidak memaknai apa arti penting pahlawan itu sendiri.
Makna bagi mahasiswa sejarah: jika dilihat dari sejarahnya dimana pada saat itu tanggal 10 November di Surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo. Beliau berjuang gigih dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Indonesia melawan gempuran negara sekutu. Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi kita selaku mahasiswa untuk terus berjuang membangun negara agar perjuangan para pahlawan kita tidak menjadi sia-sia.

Arti pahlawan yaitu seseorang yang berjasa dan mempunyai andil besar yang membawa perubahan yang positif terhadap masyarakat sekitar dan tidak mengharapkan imbalan, rela berkorban membela bangsa dan mementingkan kepentingan khal layak orang banyak dari pada kepentingan pribadi.
Menurut kelompok kami makna dari hari pahlawan itu sendiri adalah suatu hari yang dikhususkan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Karena pada tanggal 10 november 1945 yang biasa kita anggap sebagai hari pahlawan dahulu kala terdapat pertempuran yang sangat sengit di Surabaya dari arek-arek Suroboyo melawan tentara sekutu yang terdiri dari Amerika, Inggris, dan Belanda. Ketika itu dengan semangat yang menggebu-gebu para pahlawan bisa mengusir pasukan sekutu dari Surabaya. Dari peristiwa tersebut kita dapat memaknai bahwa kita sebagai generasi penerus bangsa yang harus tetap menanamkan semangat juang tersebut tetapi dalam hal ini kita bukan berjuang dalam hal peperangan tetapi lebih berjuang dalam proses belajar.
Menurut kelompok kami hari pahlawan itu masih harus ada karena menutu Ir.Soekarno “ bahwa suatu bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa-saja dari pahlawan. Oleh karena itu hari pahlawan harus tetap ada, karena dari hari pahlawan itu kita bisa lebih mengenang jara dari para pahlawan. Bagaimana kita bisa menjadi bangsa yangbbesar kalau kita tidak mengenang jasa dari para pahlawan

Apa arti Hari Pahlawan?
Hari pahlawan adalah hari ketika kita memperingati sebuah peristiwa heroik, dimana banyak para pejuang bangsa yang gugur demi mempertahankan kemerdekaan pada tanggal 10 November 1945. Hari itu diperingati sebagai hari Pahlawan atas usul Sudarsono kepada presiden Soekarno, dan presiden Soekarno menyetujuinya dengan menetapkan 10 November sebagai hari pahlawan. Untuk itu kita sebagai penerus bangsa harus menghargai jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan negeri ini.
Untuk memperingati hari pahlawan saat ini, kita bisa mengimplikasikannya melalui tindakan nyata berjuang untuk membenahi kehidupan bangsa agar menjadi lebih baik lagi. Perjuangan yang kita lakukan saat ini berbeda dengan para pendahulu kita. Pasca Kemerdekaan RI negara kita masih melawan para kolonialisme, untuk saat ini kita tidak dijajah dengan melakukan peperangan melainkan kita dijajah melalui ekonomi, dan krisis moral terutama korupsi oleh para pejabat negeri ini, serta memudarnya nilai-nilai moral generasi penerus bangsanya. Untuk itu kita sebagai penerus bangsa harus bisa membebaskan diri dari hal tersebut, dengan semangat belajar untuk membangun negeri ini dan meghindari hal buruk lainnya sebagai wujud apresiasi kepada para pahlawan yang telah menitipkan bangsa ini kepada kita .
2. Masih perlukah peringatan Hari Pahlawan? Kemukakan alasannya!
Perlu, alasannya karena pada peringatan hari pahlawan kita tidak begitu saja merasakan langsung suasana para pejuang ketika membela tanah air, sehingga tidak ada salahnya kita harus dan mewajibkan untuk memperingati Hari Pahlawan itu. Dengan adanya peringatan Hari Pahlawan, maka kita sebagai generasi muda dapat menghargai para pejuang pada zaman dulu yang memiliki rasa nasionalisme dan semangat yang tinggi untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Perjuangan yang timbul dari hati para pejuang dan kepedulian kepada Negara Indonesia sehingga bisa memerdekakan Negara Indonesia. Kemerdekaan yang dirasakan sampai saat ini membuat kita sebagai generasi muda untuk lebih menghargai jasa para pahlawan dan mencontoh semangat yang dikobarkan oleh para pejuang bangsa. Semangat yang tinggi tanpa ada rasa pantang menyerah untuk memperjuangkan kemerdekaan RI dan mencontoh kepada masyarakat Indonesia untuk lebih menjaga Negara kita dari para penjajah terutama penjajah Belanda. Kemudian dengan adanya peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 1945, membuat generasi muda seperti kita untuk merayakan dan merasakan semangat yang tinggi bagaimana ketika para pahlawan yang membela tanah air dari para penjelajah.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar